Senin, 06 Maret 2017

Jaman Dulu dan Jaman Sekarang

Jaman sekarang semua serba keren, alat komunikasi udah pada hi-tech udah tinggal touch, touch aja~ kendaraan juga serba ngebut, knalpotnya ada dua di kanan dan di kiri, bisa jadi matic atau gak manual mobilnya, ramah lingkungan pulaaaa~.

Semalem gue sama temen-temen gue ngebahas bus keren, kaya double decker katanya terus free wifi udah gitu nyaman, yang gue pikir pertama denger kata "free wifi" langsung ke arah ngopi, "ini bus apa kafe buat nongkrong?" dalam hati gue. emang ternyata ada bus kaya gini dan emang bentuknya keren, tapi dulu di Indonesia juga ada yang double decker an gini, dulu gue sempet naik busnya, gue sih biasanya nyebutnya "bus tingkat PPD", gue naik itu pas gue masih kecil lah kira-kira masih seumur jagung kaya pernikahan artis jaman sekarang 3-5 tahunan lah.

Bis ini ternyata namanya Leyland Atlantean, dan gue merasa beruntung pernah naik bus ini. Kenapa??? soalnya udah gak ada jaman sekaraaaang~, dan gue baru tau kalo bus ini ternyata generasi ke-2 di Indonesia, dan gue harus kembali ke jaman 70-80an buat ilangin penasaran gue. EEEITTSSS... Jaman udah maju sob kita cari lewat Internet ajaa, setelah gue google terus gue belom tau kan nama busnya apa, gue cuma tau "BUS TINGKAT PPD", abis gue tulis di kolom search dan gue enter, keluar langsung nama-nama aneh yang belom pernah gue tau.

Gue langsung buka beberapa halaman buat cari tau bus tingkat ppd ini, ternyata ada 2 bus tingkat ini pada jaman dulunya. Era 70an awal kira-kira bis ini pertama kali menyisir kota jakarta, bus generasi pertama ini adalah Leyland Titan, bus ini ternyata pabrikan dari inggris sob dan ada di indonesia buat menunjang Transportasi di Indonesia yang saat itu di operasiin sama PPD, menurut sejarah yang dituliskan di dalam blog yang gue baca juga adanya bus ini karena campur tangan negara Australia pada jaman itu.



Leyland Atlantean, nah ini niiiih~ bus yang pernah gue naikin, betapa kerennya waktu itu gue bisa naik bis ini terus duduk di bagian atasnya sama keluarga lu. Vintage banget dah pokoknya, bus ini juga masih ada sodaraan sama si Leyland Titan, kalo kata kita mah ini adenya gitu, bus ini ada di Era 80an kira-kira dateng ke Indonesia tapi gue baru tau kalo ternyata bus ini gak cuma di Jakarta ajaa lho, di luar Jakarta pun ada ternyata, kaya di Semarang dan Surabaya cuma beda di pengelolanya aja, kalo di Jakarta itu di pegang sama PPD kalo di luar Jakarta di pegang Damri.



Unfortunately, bus ini harus stop beroperasi pas akhir 90an tapi belom semua, soalnya gue lahir 5 tahun setelahnya dan sampe umur 3-5 tahun pun bus ini masih ada dan gue sempet naik saat itu. Well, mungkin bis ini udah tergantikan sama bis tingkat, atau Double Decker Indonesia yang lebih keren, lebih maju dan mengikuti Jaman. Kenangan-kenangan yang pernah naik ini pasti tidak akan terlupa. 


REFERENSI: 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar