Sabtu, 11 Maret 2017

Bahasa Gaul Dulu dan Bahasa Gaul Jaman Sekarang

AH! KEPO LO!!! pernah di bilang gini sama temen lu? HAHAHA.... berarti kita sama. Kepo itu bahasa apa sih sebenarnya? terus artinya apasih? empat huruf K-E-P-O sama ekspresi muka temen lu yang minta di cubit pake catokan panas, itu udah cukup ngeselin apalagi kalo kita tau artinya. Sebenarnya KEPO itu bahasa gaul gitu~ singkatan dari bahasa inggris gitu laah, KEPO itu Knowing Every Particular Object, Nah! liat kan?! itu bahasa Inggris! artinya tuh orang yang mau tau secara mendetail, sampe-sampe lu mau sikat gigi pake odol apa dia pengen tau, nah ini KEPO.

Gue bakal cari tau siapa yang pertama kali bikin-bikin bahasa gaul, karena bahasa gaul nongkrong jadi asik banget, gue bisa manggil Bro, Cuy, dan lain-lain, tapi gue jadi lupa namanya temen-temen gue. By the way bahasa gaul jaman sekarang itu kira-kira sama gak sih bahasanya kaya jaman dulu? gue bakal cari tau.

Menurut Wikipedia ternyata bahasa gaul itu dulu di sebutnya bahasa Prokem, waduuh apaan tuh? kuis dangdut?! jadi bahasa Prokem ini mulai ada dari tahun 70an dan lebih dominan di dalam bahasa Prokem ini adalah bahasa betawi, namun ada juga dari beberapa daerah lain, ada juga yang bilang bahasa ini awalnya buat suatu kode dalam kemiliteran atau kode dalam komunitas. nah orang yang bikin bahasa ini booming banget ternyata Debby Sahertian. siapa tuh? kira-kira kenal gak? dia juga sempet menerbitkan kamus yang di kasih nama Kamus Bahasa Gaul pada tahun 1999 (wah masih segede kecebong gue).


Ladies & Gentlement, ini dia Debby Sahertian, kita harus berterima kasih nih sama doi, soalnya bahasa gaul jadi mendarah daging kalo gak ada bahasa gaul kalian kalo mau nongkrong jadi awkward, kaku kaya kerah baju SD baru, Ada lagi yang buat bahasa gaul jadi makin eksis dan makin keren buat ikutin gayanya. Menurut dari sumber Blog yang sempet gue baca ternyata Warkop DKI lebih duluan mengeluarkan istilah-istilah gaulnya di setiap filmnya.



Nah ini dia, Warkop DKI grup komedi legendaris di Indonesia, tapi gue belom tau nih bahasa gaul jaman dulu sama apa beda ya? Kita cari tau yaa

Bahasa Gaul jaman dulu :

  • Alamakjan : Ya Ampun
  • Astaganaga : Astaga
  • Coy : Sapaan buat manggil temen lu
  • Doku : Uang
  • Ember : Emang
  • Bonyok : orang tua (BOkap & NYOKap)
  • Cabut : Pergi
  • Macan : Manis Cantik
  • Nyipet : Nyolong
  • Ngaceng : Cuci Mata (hayoloh pada salah kaprah kaaan~)
Bahasa Gaul jaman sekarang :

  • Kepo : Pengen Tau
  • Astagadragon : Astaga (evolusi dari Astaganaga)
  • Bro : Sapaan (cuy, bro, coy)
  • Cabs : Pergi ( cabs = Cabut)
  • kuy : Yuk (Kebalikan)
  • Ayas : Saya (kebalikan)
  • Sans : Santai
  • Ntaps : Mantap
Terlalu banyak bahasa gaul jaman dulu dan jaman sekarang, secara garis besar ini kata-kata yang hampir setiap hari kita pake dan tidak berubah makna cuma sedikit perubahan dalam pengucapan, jadi bahasa mana yang sering lu gunain?

Referensi :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar